5 Universitas Negeri terbaik di Indonesia

Jumat, 13 Mei 2016

Hello gais, lanjut lagi guer bakalan explor tentang Indonesia lagi kalini gue bakalan ngebahas tentang pendidikan di indonesia khususnya jenjang perkuliahan di Negara kita ini. seperti yang kita lihat  masyarakat di Indonesia cenderung memilih perguruan  tinggi Negeri. masyarakat kita banyak memilih kuliah di universitas Negeri karena di pengaruhi faktor-faktor lain terutama faktor  biaya  yang lebih murah di banding universitas swasta. seperti yang kita tau gaiss warga negara asing banyak juga yang mau ngelanjutin pendidikan di Indonesia. Nahhh... sekarang gue bakalan ngebahas 5 universitas Negeri tervaik di Indonesia.

1. Universitas Gajah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi. Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

2. Institut Teknologi Bandung(ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
ITB merupakan salah satu kampus yang bergerak dalam bidang teknik ITB sebagai kampus terbaik nomor dua memiliki segudang prestasi Internasional, jika kita telaah bahwa penemuan ITB sudah tidak lagi terhitung jumlahnnya, menempatkan ITB sebagai kampus terbaik nomor dua, bisa dibilang ITB adalah Institut satu-satunya yang berada di TopLima meski beberapa tahun silam ada ITS dominasi ITB tidak terbendung dan mampu bertahan dari tahun ketahun.



3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan universitas tertua di Indonesia. Berawal dari Sekolah Dokter Jawa di tahun 1849, UI menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, PTN UI merupakan kampus terbaik yang tidak lepas dari jajaran 3 besar Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, meletakan kampus ini dalam TopLima, prestasi gemilang yang dicapai oleh UI tidak diragukan lagi, prestasi ditingkat Nasional dan Internasional habis disebetnya, sebagai kampus Psikologi Indonesia tidak diragukan lagi prestasi yang diperoleh selain itu ilmu prestasi bisang kedoteran juga luar biasa.. Alumni UI telah melalang buana dalam membangun negeri ini bahkan turut serta dalam membangun peradaban dunia. UI menjelma sebagai salah satu pilar kebangkitan dalam membangun peradaban bangsa Indonesia dalam bidang kesehatan, sosial, budaya, ilmu pengetahuan alam, teknologi, dan informasi. Alumni UI telah tersebar dalam berbagai bidang kemasyarakatan, pemerintahan, perusahaan, maupun dalam ranah kewirasuhaan. UI mempunyai dua kampus, yaitu di Salemba dan di Depok.

4.Universitas Sebelas Maret (UNS)


Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah sebuah universitas yang terletak di Kota Surakarta, tepatnya di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sesuai namanya, Universitas Sebelas Maret (UNS) berdiri pada 11 Maret 1976. Universitas ini menyediakan program pendidikan seperti program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.
Dua tahun terakhir ini prestasi kampus ini terbilang cukup luar biasa, menggeser Universitas Brawijaya dan merangsek maju menembus TopLima salah satu bagian dari lima kampus terbaik Indonesia, Universitas Sebelasa Maret merupakan kampus terbaik di Surakarta sekaligus lima terbaik Indonesia bergerak dalam ilmu kedokteran.Sejak UNS berdiri tahun 1976 hingga kini sudah menelurkan alumni sebanyak 135.114 alumni. Dari jumlah itu banyak diantaranya yang telah menduduki pos-pos jabatan penting di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Untuk mengapresiasi prestasi yang telah dicapai para alumni, UNS menerbitkan buku 100 alumni berprestasi UNS yang terbit untuk kali pertama pada perayaan Dies Natalis XXXVII UNS, Maret 2013.


5.Universitas Diponegoro (UNDIP)


Universitas Diponegoro Semarang atau sering disebut dengan singkatan UNDIP ini merupakan salah satu universitas tertua di Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Nama kampus ini berasal dari nama salah satu  Pahlawan Nasional Diponegoro. Lokasi Kampus UNDIP tersebar di beberapa lokasi di Kota Semarang dan Jepara antara lain Kampus Pleburan Semarang, Kampus Tembalang Semarang, Kampus Kariadi, Kampus Jl. Ade Irma Suryani Jepara.
Saat ini UNDIP tengah menjadi sorotan, tahun ini capaian UNDIP atas prestasi dibidang sains dan kedokteran terbilang fanstastis meletakan kampus ini dalam jajaran Top Lima, jika kita melihat kebelakang akan ada banyak PTN terbaik yang memasuk lima besar, UNDIP merupakan perguruan tinggi negeri yang unggul dalam bidang Kedokteran dan ilmu kajian lainnya. 
Fakultas -fakultas yang ada di UNDIP SEMARANG yaitu Fakultas Kedokteran, Teknik, FISIP Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Psikologi, Perikanan dan Ilmu Kelautan, MIPA, Ekonomi, Hukum, Peternakan, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat serta Program Pasca Sarjana.







0 komentar:

Posting Komentar