Danau Toba

Senin, 09 Mei 2016


hy sahabat bloggers, kali ini gue pengen ceritain tentang salah satu destinasi pariwisata di hometown gue Sumatera Utara. siapa sihh yang tidak tauhu Sumatera Utara???? mulai dari daerah medannya, suku sampai bahasa bataknya sampai makanan khas batak dan yang pasti siapa yang tidak tahu Danau Toba yaitu danau yang terbesar di Indonesia. nahhh ayokkgaiss kali ini gue bakal bercerita tentang Danau Toba :)

SEJARAH DANAU TOBA

Sahabat blogers,tahu ngak sih kalau danau toba itu dinyatakan sebagai danau kawah vulkanik terbesar di dunia ???? selain luasnya yang sangat menabjukan,masa lalu danau toba tidak kalah menabjubkan.Dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut,toba awalnya berupa supervulkan yaitu gunung berapi raksasa yang mampu menghasilkan letusan yang sangat dahsyat....!
Lambat laun,kawah yang sangat besar dipenuhi air dan membentuk apa yang kita kenal dengan “Danau Toba” bukan hanya sapai disitu,pergeseran lapisan bumi membuat dasar naik membentuk Pulau Samosir yang sangat indah yang berada di tengah-tengah danau ini,wahhhhh,sangat menabjubkan bukan ?


LETAK DANAU TOBA

Nah guys,sangkin luasnya danau toba ini,berposisi di 5 Kabupaten di Sumut  loh guys di antaranya kab.Simalungun,Toba Samosir,Tapanuli Utara Dairi dan Samosir itu sendiri,wah kebayang dong betapa luasnya danau ini,iya engak ? nah sekarang gue bakalan ceritain gimana cara ke Danau toba daerah simalungun bagi anda para traveler sejati.Dari bandara Kuala Namu,para traveler sejati bisa menaiki bus intra langsung ke Parapat,Simalungun yang mungkin memakan waktu sekitar 5 jam. Kalau tidak para traveler gue recomend buat naik taksi ke Pematangsiantar dengan ongos sekitar Rp.50.000 dan  memakan waktu sekitar 3 jam, dan di pematang siantar kalian bisa naik becak siantar yang terkenal dengan mentor uniknya dan menjajal makanan-makanan yang gue pikir itu sangat enak banget dan naik taxi lagi ke daerah Danau Tobanya diParapat yang memakan waktu kira-kira 1,5 jam.

OBJEK DAN ATRAKSI WISATA
 Selain pemandangan danau toba yang begitu indah dan menabjukan,lu juga bisa mengelilinginya dengan menggunakan speedboat,lu bakalan di puter di sekitar area danau toba dan beberapa destinasi seperti batu gantung,yang konon katanya batu itu berasal dari seorang perempuan yang pengen bunuh diri karena dijodohkan dengan seorang pemuda yang tidak dicintainya,dan dia melompat ke danau toba diikuti sama anjingnya,tetapi dia ngak nyampe ke bawak tapi malah tergantung dan menjadi batu,makanya disebut batu gantung.
Bukan hanya itu saja guys,di tengah tengah danau terdapat satu pulau yang tak kalah indah yaitu Pulau Samosir.Lu bisa mengunjungi beberapa tempat asal mula dari suku batak dan menikmati wisata alam dan aktraksi budayanya.Untuk mengunjungi pulau samosir bisa melalui pelabuhan di Parapat yaitu pelabuhan ajibata,terdapat beberapa kapal feri yang siap untuk mengantar wisatawan menuju pelabuhan Tomok,Pulau Samosir bahkan tersedia juga beberapa feri pengangkut kendaraan seperti mobil dan motor menuju Samosir.
Dan ketika sampai di Tomok,ada banyak pedagang cindera mata khas danau toba dan khas tanah batak di daerah sekitar ini seperti pengrajin kain ulos dan kaos yang bisa dijadikan oleh-oleh.Penduduk yang rama bakalan siap untuk menyambut kedatangan anda loh guys,dan satu lagi di tomok anda bisa melihat atraksi patung sigale-gale yang bisa menemani anda untuk manortor,wah sangat menarik bukan guys ...?

 AKOMODASI, MAKANAN KHAS
Nah,kalau masalah penginapan guys lu ngak usah pusing,soalnya di Parapat udah banyak bangat hotel mulai dari bintang 4 buat yang pengen hidup mewah dan eksotis sampai hotel melati dan home stay bagi anda para bagpackers dan pastinya harga masih sangat terjangakau kok,untuk tempatnya lu bebas milih mau yang di daerah bibir danau toba atau yang di daerah perbukitan yang bisa memandang danau toba dengan indah dari atas bukit,terserah selera lu deh mas broo.

Untuk makanan khasnya,ngak usah ragu lagi deh,disini lu bakalan banyak menemui makanan khas daerah batak,mulai dari lampetnya,mie gomak,ikan mas arsik sampai dekke naniura (ikan mas tanpa proses pemasakan) lampet terbuat dari tepung beras dan di tengah tengahnya ada gula merah sama sari kelapa,kalau mie gomak mie kuning besar yang cara pembuatannya memang di gomak  atau di ambil dengan 5 jari dari bowlnya bahasa ngetrendnya di remas-remas (plese don’t ambigu)  ke piring si pembeli dan di kasih kuah santan kuning, kalau ikan mas asrik itu ikan mas yang cara pemasakannya di steam dengan bumbu dapur yang sudah di haluskan sperti kunyit,bawang merah,cabaI dan bumbu khas Batak yang bernama andaliman (kalau gue bilang sih mericanya orang  batak,heheheh) dan gue bilang sih ini makanan yang sangat enak .
















Danau toba dan pulau samosir memang tempat wisata yang benar benar indah dan sangat menarik untuk di kunjungi.ok guys,sekian cerita gue tentang danau toba,tertarik kan pengen kesana ??? pasti dong,thank you for visit my blog,see you in the next story
 Best regard.... :)


0 komentar:

Posting Komentar